Saturday 15 October 2016

PSGC Ciamis, Tim Kedua Jawa Barat?

Jawa Barat berhasil memenangkan medali emas PON 2016 cabang sepakbola pria. Artinya, Jawa Barat punya sejumlah talenta muda U23 yang potensial. Para pemain andalan tim PON Jabar 2016 ini perlu dimatangkan di kompetisi, sebaiknya kompetisi level tertinggi, yaitu ISC A,

Sayangnya, hanya ada satu klub Jawa Barat di ISC A, yaitu Persib. Sebagai tim besar dengan banyak pendukung, Persib selalu dibebani target juara. Karena itu materi pemainnya adalah pemain-pemain berkualitas dari seluruh Indonesia dan pemain asing.

Mengingat tingginya standar Persib,sulit bagi pemain muda Bandung atau Jawa Barat untuk bisa brkembang. Mungkin klub profesional memang lebih mementingkan raihan prestasi daripada pembinan pemain muda. Kalaupun ada pemain PON Jabar 2016 yang tergabung dengan Persib, sulit untuk mendapatkan porsi bermain yang cukup untuk mematangkan diri.

Solusi terbaik adalah jika Jawa Barat punya satu lagi klub di kasta tertinggi, yaitu kompetisi ISC A. Jawa Barat. Sebagai propinsi besar yang dihuni oleh lebih dari 46 juta jiwa, bukan hal yang aneh Jika Jawa Barat dituntut untuk punya lebih dari satu tim di ISC A. Bandingkan dengan Jawa Timur (38 juta jiwa lebih) yang saat punya punya empat tim di ISC A : Persela Lamonga, Madura United, Persegres Gresik United dan Bhayangkara.

Jawa Barat punya tiga tim di kompetisi kasta kedua, yaitu ISC B. Tiga tm itu adalah Persikad Depok, Persikabo Bogor dan PSGC Ciamis. Para pemain PON 2016 Jawa Barat mungkin bisa mencoba bergabung untuk bermain di salah satu tim.Pilihan lain tentunya adalah mencoba merantau keluar Jawa Barat.

Diantara empat tim ini, PSGC Ciamis paling punya prospek. Mereka menjadi pemuncak klasemen akhir grup 4 ISC B dengan catatan enam kemenangan, lima hasil seri dan hanya sekali kalah. Mereka sudah mencatatkan satu kemenangan dan satu hasil seri di grup D di fase kedua ISC B. Dengan begitu PSGC Ciamis sudah memastikan diri lolos ke perempat final.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/West_Java
https://en.wikipedia.org/wiki/East_Java
https://en.wikipedia.org/wiki/2016_Indonesia_Soccer_Championship_A
https://en.wikipedia.org/wiki/2016_Indonesia_Soccer_Championship_B


No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA