Tuesday 18 October 2016

Barcelona 1997-2000: Rezim Louis Van Gaal, Invasi Belanda dan Rivaldo

Louis Van Gaal menangani Barcelona mulai musim 1997. Reputasi LVG sebagai pelatih ternama asal Barcelona terdengar cocok dengan Barcelona. Bagaimanapun juga, Belanda sangat terpengaruh oleh filosofi bermain Johann Cruyff, legenda sepakbola Belanda.

Tapi tak seperti Cruyff, LVG tidak sekedar membawa filosofi total football ala Belanda ke Barcelona. Van Gaal memboyong banyak pemain Belanda ke Barcelona. Sebagian dari para pemain Belanda ini adalah mantan pemain Ajax asuhan LVG saat menjuarai liga champions 1994-1995.

Di musim perdananya, Van Gaal mendatangkan kiper Ruud Hesp, bek kanan Michael Reiziger dan Winston Bogarde, bek tengah yang bisa bermain di sisi kiri. Di musim berikutnya 1998-1999, Van Gaal mendatang striker Patrick Kluivert, gelandang serang Ronald De Boer, bek tengah Frank De Boer, gelandang Philip Cocu dan Boudewijn Zenden, sayap kiri yang bisa bermain sebagai gelandang serang. Total ada delapan pemain Belanda yang dibawa LVG ke Eropa. Aroma Belanda juga terasa dari Jari Litmanen, gelandang berkebangsaan Finlandia yang ikut membawa Ajax menjuarai liga champions 1994-1995.

Invasi Belanda ini sebenarnya cukup sukses. Terbukti Barcelona berhasil menjuarai la liga 1997-1998 dan 1998-1999. LVG juga memimpin Barcelona untuk menjadi kampiun copa del Rey 1997-1998.

Di tengah dominasi pemain Belanda, ada pemain asing lain yang ttampil menonjol. Dialah Rivaldo, pemain yang mampu bermain di semua sisi penyerangan, sebagai penyerang tengah, gelandang serang maupun gelandang sayap di kedua sisi. Dalam lima tahun karirnya bersama Barcelona, Rivaldo mencetak 92 gol di la liga.

Louis Van Gaal meninggalkan Barcelona di akhir musim 1999-2000. Dia terlibat cekcok dengan pers dan juga Rivaldo. Musim itu berakhir nirgelar bagi Barca.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Louis_van_Gaal
https://en.wikipedia.org/wiki/1997%E2%80%9398_FC_Barcelona_season
https://en.wikipedia.org/wiki/1998%E2%80%9399_FC_Barcelona_season
https://en.wikipedia.org/wiki/Michael_Reiziger
https://en.wikipedia.org/wiki/Winston_Bogarde
https://en.wikipedia.org/wiki/Ruud_Hesp
https://en.wikipedia.org/wiki/Patrick_Kluivert
https://en.wikipedia.org/wiki/Ronald_de_Boer
https://en.wikipedia.org/wiki/Frank_de_Boer
https://en.wikipedia.org/wiki/Boudewijn_Zenden
https://en.wikipedia.org/wiki/Jari_Litmanen
https://en.wikipedia.org/wiki/Rivaldo

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA