Thursday 27 October 2016

Saat MU Tampil Dengan Tiga Bek Kiri

Ada sesuatu yang menarik saat Manchester United menjamu Manchester City di piala liga 26 Oktober 2016 ini. Dalam pertandingan yang berakhir 1-0 untuk keunggulan tuan rumah itu MU tampil dengan formasi empat bek. Diantara para pemain yang bermain sejak menit pertama, ada tiga pemain yang bisa bermain sebagai bek kiri.

Luke Shaw sepertinya tidak tergoyahkan sebagai bek kiri andalan MU. Pemain yang tahun lalu absen lama karena cedera panjang itu sukses merebut posisi kembali bek kiri inti di era Mourinho. Reputasi Luke Shaw memang sebagai bek kiri dengan naluri serang dan agaknya belum pernah dicoba di posisi lain.

Daley Blind adalah pemain serba bisa, bisa menempati posisi gelandang bertahan, bek kiri dan bek tengah. Sebelum partai menghadapi Manchester City tersebut Blind memang sudah pernah dimainkan sebagai bek tengah oleh Jose Mourinho. Kemampuan teknis seharusnya memadai dan posturnya juga cukup tinggi (180 cm). Mungkin Blind hanya perlu membiasakan diri agar nyaman sebagai bek tengah.

Marcos Rojo sempat cukup sering bermain sebagai bek tengah bagi Sporting Lisbon. Artinya posisi bek tengah bukan hal baru bagi pemain Argentina setinggi 187 cm ini. Jika sukses menjadi bek tengah MU, Rojo jadi punya kesempatan memperbaiki pamornya yang sebelumnya redup di Old Trafford.

Peluang bermain untuk Marcos Rojo dan Daley Blind terus berduet sebagai bek tengah MU cukup besar. Bek tengah pilihan Eric Bailly sedang cedera panjang, dan setelah sembuh kemungkinan akan absen cukup lama awal tahun depan karena tampil di piala Afrika. Jika Marcos Rojo dan Daley Blind mampu menunjukkan performa yang solid dan konsisten, mereka punya potensi untuk ditampilkan di banyak pertandingan.

Selain mereka bertiga, ada Matteo Darmian yang juga bisa bermain sebagai bek kiri. Pemain Italia ini posisi asalnya adalah bek kanan. Artinya, MU bisa saja tampil dengan empat bek yang semuanya bisa menjadi bek kiri : Luke Shaw sebagai bek kiri, Marcos Rojo dan Daley Blind sebagai bek tengah dan Matteo Darmian sebagai bek kanan.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Luke_Shaw
https://en.wikipedia.org/wiki/Daley_Blind
https://en.wikipedia.org/wiki/Marcos_Rojo
http://www.espnfcasia.com/manchester-united/story/2921734/matteo-darmian-happy-to-play-left-back-for-manchester-united

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA