Sunday 16 April 2017

Menghitung Peluang Tottenham Hotspurs Menantang Chelsea di Puncak Klasemen

Chelsea sudah 23 minggu bertengger di puncak klasemen sementara EPL. Mereka sempat mencatatkan 13 kemenangan berturut-turut sejak pekan ketujuh hingga pekan ke-19. Tadinya Chelsea terlihat akan memenangkan gelar juara EPL musim ini tanpa kesulitan.

Tapi belakangan perolehan angka Chelsea agak tersendat dan Tottenham Hotspurs sudah mendekat. Saat ini selisih perolehan nilai kedua tim hanya berselisih empat. Setelah begitu lama "aman" di puncak klasemen, akhirnya Chelsea menghadapi tantangan yang tidak bisa diabaikan begitu saja.

Dalam hal ini kita akan mencoba membahas tentang peluang Spurs mencuri gelar juara EPL musim ini dari Chelsea. Untuk menjaga objektivitas, kajian akan dilakukan terkait faktor-faktor dibawah ini:
1. Performa akhir-akhir ini.
2. Kebugaran pemain pemain.
3. Lawan-lawan yang akan dihadapi berikutnya.

Pertama, soal performa, Tottenham Hotspurs sedang menunjukkan kinerja yang menjanjikan. Mereka mencatatkan tujuh kemenangan beruntun pada tujuh pertandingan terakhir, menyarangkan 22 gol. Chelsea sebaliknya mulai mengalami penurunan penampilan, dipukul dua kekalahan dari empat partai terakhir. Artinya Chelsea harus segera memperbaiki performa agar tidak terkejar oleh Tottenham Hotspurs.

Kedua, soal cedera, Chelsea hanya punya satu masalah . Kiper utama Thibaut Courtois diberitakan mengalami cedera lutut. Seharusnya hal ini bukan masalah besar karena kiper pelapis Asmir Begovic juga bukan penjaga gawang sembarangan.

Tottenham juga punya masalah cedera pemain. Bek kiri utama Danny Rose bermasalah dengan ligamen lutut, dan posisinya digantikan oleh Ben Davies. Gelandang serang Eric Lamela mengalami cedera pinggul, tapi Spurs sudah sering tampil tanpa Lamela musim ini. Nama lain di daftar pemain cedera adalah kiper kedua Michel Vorm (cedera lutut) dan pemain lain kedua lainnya, gelandang Harry Winks (cedera pergelangan kaki).

Baik Chelsea maupun Tottenham Hotpurs menghadapi masalah cedera. Tapi kedua tim ini punya skuad yang cukup tebal dan pemain pelapis yang berkualitas. Masalah cedera saat ini seharusnya tidak menurunkan performa kedua tim ini.

Dengan selisih empat angka dengan enam partai tersisa, Spurs harus berharap Chelsea tergelincir gagal meraih kemenangan dalam dua partai diantaranya. Jika nilai kedua tim saat klasemen akhir sama, Spurs sepertinya akan lebih diuntungkan mengingat mereka begitu tajam akhir-akhir ini. Perhatikan daftar lawan-lawan yang akan mereka hadapi berikutnya.

PekanTottenham HotspursChelsea
33Crystal Palace (A)Southampton(H)
34Arsenal (H)Everton (A)
35West Ham (A)Middlesborough (H)
36Manchester United (H)Wes Brom (A)
37Leicester City (A)Watford (H)
38Hull City (A)Sunderland (H)

Terlihat bahwa lawan-lawan yang masih harus dihadapi Spurs lebih berat daripada lawan-lawan yang akan menghadang Chelsea. Tottenham Hotspurs masih harus menjamu Arsenal dan MU di lanjutan EPL musim ini. Di pekan terakhir mereka harus bertandang ke markas Hull City yang mungkin sedang berjuang untuk lolos dari degradasi.

Chelsea tidak bertemu dengan klub besar di enam laga terakhir musim ini. Lawan terkuat mungkin adalah Everton yang belakangan ini tengah menunjukkan perfoprma bagus, bahkan sempat merangsek ke lima besar. Diantara lawan-lawan Chelsea ada dua tim peringkat terbawah EPL yaitu Middlesborough dan Sunderland. Dua tim ini tentunya berusaha sebisa mungkin untuk tidak turun kasta dari EPL ke championship.

Kesimpulannya, Chelsea masih punya peluang lebih besar untuk menjadi kampiun EPL musim ini. Spurs harus berjuang keras menyapui bersih seluruh sisa laga musim ini, termasuk dua parta keras menjamu Arsenal dan Manchester United, sembari berharap Chelsea terpeleset gagal menang pada setidaknya dua pertandingan.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/2016%E2%80%9317_Chelsea_F.C._season
https://en.wikipedia.org/wiki/2016%E2%80%9317_Tottenham_Hotspur_F.C._season
https://www.premierleague.com/clubs/21/Tottenham-Hotspur/fixtures
https://www.premierleague.com/clubs/4/Chelsea/fixtures
http://www.physioroom.com/news/english_premier_league/epl_injury_table.php#c19
https://www.whoscored.com/Regions/252/Tournaments/2/England-Premier-League
https://www.whoscored.com/Matches/1080871/Live/England-Premier-League-2016-2017-Tottenham-Bournemouth

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA