Tuesday 19 August 2014

Kembalinya Formasi Tiga Pemain Di Sentral Pertahanan.

Kemapanan formasi 4-2-3-1 dan 4-3-3 mulai terusik. Formasi yang mengandalkan tiga bek tengah mulai mencuri perhatian. Tak tanggung-tanggung, Bayern Munchen, Barcelona dan Manchester United siap bersiap menghadapi kompetisi musim ini dengan formasi tiga bek tengah.

Formasi 4-2-3-1 masih terlihat dominan pada putaran final piala dunia 2014 yang lalu. Tercatat ada 12 negara yang selalu memainkan formasi ini dalam semua partai. Terdapat 20 negara yang memainkan formasi 4-2-3-1 pada setidak-tidaknya dua partai. Diantara negara-negara ini terdapat nama besar seperti Brazil, Inggris, Argentina dan Spanyol.

Formasi populer lainnya, 4-3-3, hanya diandalkan oleh tiga negara, yaitu Jerman, Perancis dan Portugal. Untungnya kesuksesan Jerman menjuarai piala dunia 2014 membuat pamor formasi 4-3-3 tetap menjulang. Perancis juga tampil meyakinkan dan masih berpotensi untuk berkembang menjadi lebih baik lagi.

Piala dunia 2014 juga menyaksikan fenomena kembalinya trend formasi-formasi yang mengandalkan tiga bek tengah. Belanda asuhan Louis Van Gaal mengandalkan formasi 3-4-1-2. Memainkan tiga bek tengah adalah pilihan logis karena opsi bek tengah yang dimiliki Belanda masih muda-muda dan belum berpengalaman. Justru formasi tiga bek tengah ini sukses mengorbitkan Stefan De Vrij, Ron Vlaar dan Bruno Martins Indi sebagai bintang baru. Dengan sistem tiga bek tengah ini Belanda tidak terkalahkan dalam waktu normal dan hanya tersingkir di semifinal karena kalah adu penalti melawan Argentina.

Costa Rica, tim paling mengejutkan di piala dunia 2014, juga mengandalkan formula tiga bek tengah. Ditempatkan satu grup dengan para raksasa seperti Italia, Inggris dan Uruguay, dapat dimengerti jika Costa Rica sangat serius mempersiapkan pertahanannya. Formasi yang digunakan adalah 5-4-1, mengandalkan Oscar Duarte/Johnny Acosta, Giancarlo Gonzales dan Michael Umana/Roy Miller. Hasilnya mengejutkan, Costa Rica sukses menaklukkan Italia 1-0 dan Uruguay 3-1. Dengan sistem tiga bek tengah ini Costa Rica juga tidak terkalahkan dalam waktu normal dan hanya tersingkir di perempat final karena kalah adu penalti melawan Belanda.

Masih ada Mexico, Chile dan Uruguay yang memainkan tiga bek tengah di putaran final piala dunia 2014. Mexico dan Uruguay mengandalkan formasi 5-3-2, sementara Uruguay memainkan 3-4-1-2. Ketiga negara ini mampu lolos dari fase grup sebelum terhenti di babak 16 besar.

Usai menangani Belanda di piala dunia, Louis Van Gaal beralih menangani Manchester United. Sistem tiga bek tengah yang sukses di timnas Belanda juga coba diterapkan di Manchester United dengan formasi 3-4-1-2. Pilihan logis untuk tim yang baru ditinggal bek tengah berpengalaman Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic. Saat partai perdana EPL menghadapi Swansea di stadion Old Trafford, sentral pertahanan MU dijaga oleh Tyler Blackett, Chris Smalling dan Phil Jones. Debut Louis Van Gaal di MU ini berakhir dengan kekalahan 1-2, tapi formasi tiga bek tengah sepertinya tak terhenti disini. Terlebih saat ini MU sedang menunggu rampungnya proses transfer Marcos Rojo dari Sporting Lisbon. Rojo bisa dimainkan sebagai bek tengah dan bek kiri.

Barcelona juga bersiap dengan formasi tiga bek tengah. Manajer baru Luis Enrique mempersiapkan formasi 3-2-3-2 untuk kompetisi musim depan. Barca sudah mendatangkan Thomas Vermaelen dari Arsenal dan Jeremy Mathieu dari Valencia, untuk berkompetisi memperebutkan tiga posisi di sentral pertahanan dengan Marc Bartra, Gerard Pique dan Javier Mascherano.

Bayern Munchen juga tidak ketinggalan mempersiapkan formasi 3-4-3. Formasi ini sudah memainkan saat Bayern menghadapi Borussia Dortmund pada DFL Supercup 2014. Dalam partai yang berakhir dengan kemenangan Dortmund ini, Bayern memainkan Jerome Boateng, Javi Martinez/Dante dan David Alaba di sentral pertahanan. Cederanya Javi Martinez sepertinya akan memaksa Bayern untuk aktif bergerak mencari pemain di sisa jendela transfer musim panas ini jika ingin tetap mempertahankan formasi 3-4-3.

Referensi:

1. Info formasi yang digunakan dalam partai-partai piala dunia 2014 berasal dari www.whoscored.com.
2. Foto Louis Van Gaal dari http://thumbs.dreamstime.com/x/hungary-vs-netherlands-1-4-26698607.jpg.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA