Friday 5 September 2014

Kualifikasi Euro 2016 akan minim kejutan?

Mulai Euro 2016 di perancis, putaran final piala Eropa akan diikuti oleh 24 negara. Sampai Euro 2012 yang lalu, peserta putaran final masih 16 negara. Adanya delapan jatah tambahan ini tentu disambut baik oleh negara yang kemampuannya "tanggung" seperti Turki, Slovakia, Rumania, Norwegia dan sebagainya. Peluang untuk lolos ke putaran final naik 50% dan tidak boleh disia-siakan.

Negara mapan seperti Jerman, Perancis, Inggris dll tentunya juga menyambut baik sistem ini. Dengan makin banyaknya peserta putaran final, makin sulit untuk menyingkirkan mereka di babak kualifikasi ini. Anggota UEFA yang sebanyak 53 negara dibagi menjadi sembilan grup, dengan juara dan runner-up masing-masing grup langsung lolos ke putaran final. Peringkat tiga terbaik juga otomatis lolos ke putara final, sementara delapan tim peringkat tiga lainnya harus mengikuti playoff memperebutkan empat tempat tersisa.

Tengok Spanyol misalnya, lawan mereka di fase grup adalah Ukraina yang sedang dirundung perang, Slowakia, Belarusia, Macedonia dan Luxemburg. Walaupun kondisi Spanyol sedang galau, apakah anda bisa membayangkan Spanyol berada di peringkat tiga atau empat grup tersebut? Saya rasa tidak ada pengamat yang memprediksi Spanyol akan kesulitan untuk lolos ke putaran final di Perancis 2016.

Empat tahun lalu negara kuat seperti Belgia gagal lolos ke putaran final Euro 2012. Saat ini sulit berharap kejutan serupa akan kembali muncul. Menurut saya kualifikasi Euro 2016 akan minim kejutan dan tim-tim besar akan melenggang ke putaran final.

Kondisinya tentunya menguntungkan kekuatan-kekuatan tradisional sepakbola Eropa. Jerman dan Belgia  mustinya tidak begitu terpengaruh. Mereka tampil gemilang di piala dunia kemaren dan tidak ada pergantian pelatih, yaitu Joachim Low dan Marc Wilmots. Diatas kertas mustinya mereka tidak kesulitan untuk lolos ke Perancis 2016.

Lain ceritanya dengan Inggris, Spanyol, Portugal, Rusia. Ketiga negara ini masih tampil buruk di piala dunia yang lalu, tapi masih mempertahankan Roy Hodgson, Vicente del Bosque, Paulo Bento dan Fabio Capello sebagai pelatih. Mereka perlu menemukan kepercayaan diri kembali agar tidak limbung, mungkin juga perlu pendekatan baru dan suntikan pemain baru. Tapi melihat lawan-lawan mereka di grup masing-masing, saya rasa mereka tetap akan melenggang lolos ke Perancis 2016.

Italia, Yunani dan Belanda menggunakan pelatih baru. Antonio Conte di Italia, Claudio Ranieri di Yunani dan Gus Hiddink di Belanda, mereka semua adalah pelatih hebat. Mereka bisa memanfaatkan kualifikasi Euro 2016 ini untuk mencoba pendekatan yang mereka inginkan, dengan tetap menjaga hasil positif untuk lolos ke Perancis 2016.

Kualifikasi Euro 2016 akan dimulai Senin dinihari 8 September 2014. Hak siar ditangan MNC grup. Jadwal siaran langsung bulan September ini adalah sebagai berikut:
- Senin  08 September 2014 01:45 Portugal vs Albania, Global TV
- Senin  08 September 2014 01:45 Jerman vs Skotlandia, RCTI
- Selasa 09 September 2014 01:45 Swiss vs Inggris, RCTI
- Rabu   10 September 2014 01:45 Czech vs Belanda, RCTI


Referensi:
1. Foto Roy Hodgson dari http://thumbs.dreamstime.com/x/roy-hodgson-england-football-team-head-coach-26563569.jpg.
2. Jadwal siaran langsung dari http://sport.detik.com/sepakbola/live?btsl.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA