Saturday 20 September 2014

Ferdinand Sinaga vs Timnas Asian Games sementara 6 - 5

Reaksi Publik terhadap performa timnas Asian Games 2014 relatif adem-ayem. Berita tentang kemenangan 7-0 atas Timor Leste dan 4-0 atas Maladewa tidak ramai terdengar di sosial media. Di youtube, hanya highlights yang bisa ditemukan, tidak ada rekaman lengkap 2x45 menit.

Bandingkan dengan timnas U19. Kita bisa menemukan rekaman lengkap pertandingan 2x45 menit menghadapi Atletico Madrid vs Valencia, walaupun sebenarnya pertandingan-pertandingan itu hanya partai persahabatan. Padahal sudah mulai merebak kekhawatiran calon-calon lawan di piala AFC 2014 sudah mengamati rekaman-rekaman pertandingan timnas U19. Kegagalan di HBT 2014 menunjukkan indikasi yang cukup kuat kearah itu.

Sebenarnya penulis juga awalnya meragukan timnas U23 asukan Aji Santoso ini dan formasi 4-2-3-1. Formasi serupa sudah diimplementasikan di Sea Games 2013, dan tidak begitu sukses. Walaupun bisa mencapai final, tim Garuda muda terbilang tumpul, hanya mencetak lima gol dari enam partai.

Faktor kehadiran Ferdinand Sinaga sebagai salah satu dari tiga pemain senior rupanya membawa pengaruh yang signifikan. Tidak tanggung-tanggung Ferdinand mencetak empat dari tujuh gol yang bersarang di gawang Timor Leste. Hasil yang menggembirakan karena belakangan ini Timor Leste yang membawa sejumlah pemain naturalisasi dari Brazil sukses merepotkan kita. Di Sea Games 2013 mereka sukses menahan timnas U23 0-0.

Rekaman highlights timnas Asian Games melawan Timor Leste dapat ditemui disini. Secara singkatnya, beginilah proses terjadinya tujuh gol tersebut:
1. Tusukan Bayu Gatra dalam kotak penalti diselesaikan Ferdinand Sinaga.
2. Kembali bayu Gatra umpan dari sayap kanan ke kotak penalti, diteruskan Syakir Sulaiman ke Ferdinand Sinaga, yang memanfaatkannya untuk mencetak gol kedua.
3. Through pas Victor Igboneffo ke Ferdinand Sinaga dimaksimalkan untuk akhirnya melesakkannya ke gawang.
4. Gol hasil tendangan penalti Alfin Tuasalamony setelah pemain Timor Leste handsball di kotak penalti.
5. Umpan Bayu Gatra ke Novri Setiawan mengawali proses terjadinya gol kelima.
6. Umpan panjang dikejar Ferdinand Sinaga untuk kembali merobek gawang Timor Leste.
7. Fandi Eko Utomo umpan ke Ferdinand Sinaga. Terdangan Ferdinand diblok oleh kiper, dan lalu Fandy menyambar bola muntah untuk mencetak gol ketujuh.

Sementara rekaman highlights timnas Asian Games melawan Maladewa dapat ditemui disini. Secara singkatnya, beginilah proses terjadinya empat gol tersebut:
1. Umpan silang Fandy Eko disambut Ramdani Lestaluhu di kotak penalti dan diselesaikan dengan baik.
2. Fandy Eko umpan tarik ke Ramdani yang melanjutkan ke  Sinaga yang sekali lagi menjadi sukses predator.
3. Sinaga menerima umpan lambung dari kanan, disodorkan ke Bayu Gatra untuk mencetak gol ketiga.
4. Gol hasil tendangan penalti Ferdinand Sinaga setelah Alfin dijatuhkan pemain belakang Maladewa.

Sementara timnas U23 memimpin grupnya dengan dua kemenangan, dan sudah memastikan lolos ke babak 16 besar. Pada Senin 22 September nanti timnas U23 akan menghadapi Thailand untuk menentukan siapa yang berhak menjadi juara grup. 

Referensi:

1. http://en.wikipedia.org/wiki/Football_at_the_2013_Southeast_Asian_Games.
2. http://www.goal.com/id-ID/news/1387/nasional/2014/09/15/5105962/laporan-pertandingan-timor-leste-u-23-0-7-indonesia-u-23.
3. http://www.goal.com/id-ID/news/1387/nasional/2014/09/18/5113765/laporan-pertandingan-maladewa-u-23-0-4-indonesia-u-23?ICID=AR_PN_1.
4. http://bola.viva.co.id/news/read/538409-ini-susunan-pemain-timnas-u-23-lawan-timor-leste.
5. http://www.incheon2014ag.org/Sports/FB/Result?RSC=FBM400E02&lang=en.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA