Tuesday 10 June 2014

Rickie Lambert, Singa yang Kembali ke Liverpool

Rickie Lambert mungkin bukan striker berbakat, tadi dia punya kisah fairy tale. Sebelas tahun pertama karir profesionalnya dilalui di divisi-divisi bawah. Empat tahun lalu saat berumur 28 tahun, Lambert masih bermain di League One, kasta ketiga liga Inggris. Sekarang, walaupun sudah 32 tahun, Lambert adalah striker yang disegani di EPL, baru saja direkrut oleh liverpool, dan dipercaya memperkuat timnas Inggris ke piala dunia 2014.

Dekade sembilan puluhan Liverpool terkenal sebagai memiliki pemain-pemain binaan sendiri. Para lulusan schoolboys promosi ke tim utama, seperti Steven Warnock, Stephen Gerrard, Michael Owen, Robbie Fowler, Steve McManaman dan Jamie Carragher. Sebagai putra daerah mereka menjadi ikon klub, kebanggaan supporter dan membantu Liverpool meraih prestasi.

Walaupun sempat berkiprah sebagai schoolboy, Rickie Lambert tak seberuntung para seniornya itu. Lambert meninggalkan akademi Liverpool di usia 15 tahun dan tahun 1998 memulai karir profesionalnya bersama Blackpool, klub kasta keempat liga Inggris. Selama sebelas tahun berikutnya Rickie Lambert malang melintang bersama sederetan klub-klub kasta ketiga dan kasta keempat.

Sebagai penyerang yang bertipe finisher, tugas utama Lambert adalah mencetak gol. Namun dimasa awal karirnya, rekor gol Lambert tidak mengesankan. Setelah berjuang delapan tahun, barulah tahun 2006 Lambert bisa mencatatkan 22 gol semusim bersama Rochdale di League Two, kasta keempat sepakbola Inggris. Tiga tahun kemudian Lambert mencatatkan 29 gol bersama Bristol Rovers di League One, kasta ketiga sepakbola Inggris. Di akhir musim 2008-2009 ini Rickie Lambert pindah ke Southampton, sebuah klub League One juga. Saat itu Lambert berusia 27 tahun. Nilai transfernya hanya sekitar 1 juta poundsterling.

Disinilah Lambert mulai menuliskan fairy tale. Dimusim pertamanya bersama Southampton Lambert mengamuk dengan menorehkan 31 gol, walaupun klubnya gagal mencapai promosi. Tahun berikutnya Lambert menyumbangkan 21 gol untuk membawa Southampton promosi ke Championship, kasta kedua liga Inggris. Musim berikutnya, Lambert meneruskan kisah kejayaannya dengan mencetak 27 gol dan membawa Southampton tahun berikutnya langsung promosi ke EPL.

Rickie Lambert akhirnya menjalani debut EPL tahun 2012, saat umurnya sudah mencapai 30 tahun. Walau mungkin bukan striker berbakat, Lambert adalah striker yang sarat pengalaman yang dimatangkan divisi-divisi bawah. DI EPL pun Rickie Lambert tetap tajam. Dia mencetak 15 gol untuk Southampton pada masim 2012/2013, dan 13 gol pada musim berikutnya.

Ketajaman Lambert membawanya dipanggil ke timnas Inggris. Sampai saat ini Rickie Lambert sudah tampil enam kali untuk Three Lions dan mencetak 3 gol. Di piala dunia 2014 mendatang Lambert merupakan salah satu striker yang dipanggil timnas Inggris mendampingi Wayne Rooney, Daniel Sturridge, dan Danny Welbeck.

Sepertinya akan sulit bagi Lambert menembus tim inti timnas Inggris di piala dunia 2014 ini. Secara pribadi saya berharap Lambert mendapat kesempatan bermain sebagai pemain pengganti. Lambert mungkin akan berguna di fase gugur, terutama jika pertandingan harus berlanjut ke adu penalti. Lambert memiliki rekor selalu sukses mencetak gol dari titik putih dalam 34 penalti terakhirnya bersama Southampton.

Rickie Lambert adalah tipe big man klasik Inggris yang tangguh secara fisik, kuat di udara dan memikili tendangan keras. Lambert juga mampu mencetak gol dari tendangan bebas. Rekaman 117 gol Rickie Lambert untuk Southampton dapat disaksikan disini, http://www.youtube.com/watch?v=moVt_pg74Wo.

Pada 2 Juni 2014, Rickie Lambert resmi pindah ke Liverpool, klub yang didukungnya sejak kecil. Nilai transfer awal 4 juta poundsterling dan bisa bertambah seusai perkembangan situasi. Mungkin sulit bagi Lambert untuk menggeser Luis Suarez dan Daniel Sturridge dari tim inti. Namun Liverpool harus tampil di empat ajang tahun depan, yang berarti ada banyak pertandingan, dan akan ada kesempatan bagi Rickie Lambert untuk unjuk gigi.
Referensi:

1. http://en.wikipedia.org/wiki/Rickie_Lambert.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA