Saturday 21 June 2014

Akankah Joel Campbell, Bintang Kosta Rika di PD 2014 Kembali Ke Arsenal?

Tidak banyak yang mengharapkan Kosta Rika akan berprestasi di piala dunia tahun ini. Kosta Rika satu grup dengan lawan-lawan berat, yaitu Italia, Uruguay dan Inggris. Ketiga lawan Kosta Rika di fase grup ini adalah negara kuat sepakbola yang semuanya pernah menjadi juara dunia.

Kenyataannya saat mengejutkan. Kosta Rika menumbangkan Uruguay 3-1 di partai pertama. Kejutan berlanjut di partai kedua lewat kemenangan 1-0 atas Italia, juara dunia empat kali. Sementara Kosta Rika sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar, Italia dan Uruguay akan bertemu di partai penentuan untuk memperebutkan satu tiket yang tersisa ke 16 besar.

Siapa yang akan menyangka Kosta Rika sanggup menorehkan prestasi begitu gemilang. Padahal dalam enam pertandingan persahabatan menjelang PD 2014, Kosta Rika mengalami empat kekalahan. Di partai persahabatan Kosta Rika oleh ditaklukkan Australia, Jepang, Korea Selatan dan Chile. Siapa sangka saat piala dunia dimulai mereka malah merontokkan tim sekuat Uruguay dan Ialia.

Joel Campbell adalah penyerang andalan Kosta Rika di piala dunia kali ini. Pemuda ini mulai mencuri perhatian dunia saat mencetak gol menghadapi Bolivia pada ajang Copa America 2011. Campbell melakukan dribel dari sayap kiri hingga kotak penalti untuk membuka peluang. Setelah umpan satu dua, Campbell menyelesaikan dengan tendangan voli kaki kiri. Gol ini dapat anda saksikan di http://www.youtube.com/watch?v=0hiRF8AgGrE.

Arsenal menjadi tim yang beruntung mendapatkan Joel Campbell. Rekrutan the gunner pada 2011 ini adalah pemain muda potensial yang mampu bermain sebagai penyerang tengah, sayap kanan, dan sayap kiri. Saat itu umurnya baru 19 tahun.

Sayangnya Campbell gagal mendapat izin kerja alias work permit. Arsenal terpaksa meminjamkannya ke klub lain. Di musim 2011-2012 Joel Campbell bergabung dengan klub Prancis, Lorient. Musim berikutnya Campbell kembali dipinjamkan, kali ini ke Spanyol, yaitu ke Real Betis.

Musim 2012/2013, akhirnya izin kerja Inggris untuk Joel Campbell terbit juga. Tapi Campbell kembali dipinjamkan ke Olympiacos, juara bertahan liga Yunani. Ini adalah kesempatan besar bagi Campbell karena Olympiacos adalah tim yang berlaga di liga Champions. Musim itu Campbell mencatatkan delapan gol di liga Yunani dan satu gol di liga Champions.

Joel Campbell mencuri perhatian penonton liga Champions dan EPLlewat golnya ke gawang MU pada babak 16 besar liga champions. Tembakan jarak jauh Campbell dari luar kotak penalti menggetarkan jala gawang David De Gea. Gol ini bisa disaksikan di http://www.youtube.com/watch?v=ATcwmXJYbDU.

Tak heran jika Campbell diandalkan Kosta Rika pada prakualifikasi PD 2014 zona Concacaf. Joel Campbell mencetak tiga dari tujuh gol Kosta Rika sepanjang prakualifikasi. Tiga gol tersebut dicetak ke gawang El Salvador, Guyana dan USA.

Di putaran final PD 2014, Joel Campbell dipercaya menjadi striker tunggal Kosta Rika. Mengantisipasi lawan-lawan berat yang akan dihadapi, Kosta Rika memasang formasi 5-4-1. Walaupun Joel Campbell tidak terlalu tinggi (1.78 m), dia dipercaya untuk berdiri paling depan dan bertarung dengan para defender lawan.

Kontribusi nyata Joel Campbell adalah gol yang dicetaknya saat menghadapi Uruguay. Mendapat peluang emas di kotak penalti, Campbell menyelesaikan dengan tendangan kaki kiri. Gol ini bisa disaksikan di http://www.youtube.com/watch?v=4-w7DJkmjlw.

Apakah Joel Campbell akhirnya akan bergabung dengan skuad Arsenal di EPL 2014-2015? Bukankah mereka santer diberitakan mencari striker baru. Kenapa harus mencari striker baru jika mereka sebenarnya punya striker bintang piala dunia 2014seperti Joel Campbell?

Manajer Arsene Wenger jadi faktor yang menentukan, apakah menurutnya Joel Campbell sudah pantas bergabung dengan skuad utama Arsenal ke EPL dan champions league. Dengan statusnya kebintangannya sekarang, mungkin Campbell juga akan minta penyesuaian atas pendapatannya di Arsenal. Dengan performanya selama ini, tak heran jika nanti ada klub lain yang mengincarnya.



Referensi:

1. http://en.wikipedia.org/wiki/Costa_Rica_national_football_team.
2. http://en.wikipedia.org/wiki/Joel_Campbell.
3. http://en.wikipedia.org/wiki/2014_FIFA_World_Cup_Group_D#Uruguay_vs_Costa_Rica.
4. http://www.whoscored.com/Players/95977/.
5. http://www.goal.com/en/people/costa-rica/36357/joel-campbell.
6. http://www.goal.com/en/news/11/transfer-zone/2011/07/17/2579163/arsenal-have-agreement-in-principle-to-sign-costa-ricas-joel.
7. Foto Joel Campbell dari http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/25/Uruguay_-_Costa_Rica_FIFA_World_Cup_2014_%2821%29.jpg/200px-Uruguay_-_Costa_Rica_FIFA_World_Cup_2014_%2821%29.jpg.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA