Tuesday 11 November 2014

Debut Timnas Evan Dimas

Evan Dimas sudah pantas membela timnas senior. Di posisi gelandang serang, saingannya hanya Firman Utina, Stefano Lilipaly dan Ahmad Bustomi. Firman sudah veteran, Lilipaly susah dipanggil ke timnas, sedangkan Bustomi lebih efektif jika dimainkan lebih kebelakang sebagai gelandang box-to-box. Tidak ada alasan untuk tidak memanggil bintang timnas U19 ini.

Kesempatan debut Evan di timnas datang pada partai persahabatan melawan Timor Leste di GBK. Dalam formasi 4-5-1, Evan bermain di posisi idealnya, dibelakang striker Sergio Van Dijk. Mereka dibantu Ramdani Lestaluhu di sayap kanan dan Zulham Zamrun di sayap kiri.

Evan tampil gemilang di pertandingan ini, seolah tak punya beban mental dalam proses transisi naik kelas ke timnas senior. Pemuda ini mmbuktikan diri pantas menjadi tumpuan serangan timnas. Evan menjadi momok yang sangat merepotkan lini pertahanan Timor Leste.

Proses gol Evan Dimas sangat terbantu dari penampilan gemilang Zulkifly Syukur yang berlari kencang mengejar sebuah operan jauh di sisi kiri pertahanan Timor Leste. Setelah menguasai bola, Zulkifly melepaskan umpan panjang mendatar ke kotak penalti. Bola akhirnya sampai di kaki Evan yang menyelesaikan dengan tenang seolah tanpa tekanan.

Evan Dimas bukan satu-satunya yang tampil gemilang. Sergio Van Dijk menunjukkan dirinya nyaman sebagai striker tunggal. Saat timnas masih dilatih Jacksen Tiago, kita sering melihat Sergio tak nyaman menjadi sayap gantung di sisi kiri. Kali ini Alfred Riedl menempatkannya di posisi ideal, dan Sergio membalasnya dengan penampilan bagus. Van Dijk mencetak gol perdana Indonesia usai menerima umpan panjang dari bek kiri Rizki Ripora.

Tapi Sergio tak boleh merasa aman sebagai striker inti. Samsul Arif menantangnya dengan sebuah gol hasil kolaborasi dengan Bayu Gatra. Aksi Bayu Gatra membuahkan ruang gerak cukup luas untuk Samsul. Memanfaatkan situasi, Samsul menembak dengan akurat dari luar kotak penalti. Persaingan di posisi striker juga akan dipanaskan oleh Boaz Salossa yang masih  beristirahat pasca final ISL 2014.

Zulham Zamrun agaknya tak punya saingan di sayap kiri. Dengan dukungan Rizky Ripora dibelakangnya, Zulham tampil baik. Tak hanya mengancam dari sayap, Zulham juga mencetak gol hasil menyundul umpan silang Zulkifly Syukur.

Uji coba terakhir sebelum dimulainya piala AFF 2014 akan digelar Sabtu 15 November 2014 di GBK. Kali ini lawannya adalah Suriah. Dalam pertandingan ini, para pemain Persib dan Persipura sudah bergabung.

Rekaman pertandingan ini dapat dilihat disini.

Indonesia

1. Kurnia Meiga (12. Dian Agus Prasetyo),  3.Zulkifli Syukur, 5. Fachruddin, 16. M Roby, 11. Rizki Rizaldi Pora, 6. Evan Dimas (17. Samsul Arif), 8. Raphael Maitimo, 18. Manahati Lestusen (19. Ahmad Bustomi); 7. Zulham Zamrun (21. Dedi Hartono), 15. Ramdani Lestaluhu (14. Bayu Gatra), 20. Sergio van Dijk (9. Cristian Gonzales)

Timor Leste

12. Ramos Ribeiro, 3. Paulo Cesar da Silva, 4.Cacio de Souza, 15. Ezequiel dos Santos (19. Agostinho Araujo), 17. Adelino de Oliveira, 8. Felipe dos Santos (18. Carlos Magno), 24. Nicolalu Fernandes, 9. Patrick Fabiano Alves, 10. Murilo de Almeida, 14. Chiquito do Carmo (21. Nataniel de Jesu Reis), 23. Jose Carlos da Fonseca

Referensi:
1. Referensi Daftar pemain..

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA