Sunday 19 October 2014

Banjir Pelatih Asal Padang

Indra Sjafri bukanlah satu-satunya. Tahun-tahun belakangan ini sejumlah pelatih asal Padang unjuk prestasi di level nasional. Perkembangan yang sangat menggembirakan karena sebelumnya tidak banyak pelatih level nasional asal daerah ini. Sebelumnya publik mungkin hanya mengenal pelatih sepuh Suhatman Imam dan mantan pelatih Semen Padang lainnya, Jenniwardin.

Nil Maizar yang memulai kiprah generasi pelatih baru asal Padang. Konflik ISL versus IPL tahun 2011 membawa Semen Padang asuhan Nil sebagai tim terkuat di IPL. Alih-alih tinggal di Semen Padang untuk meraih gelar juara IPL, Nil justru memilih tugas berat menjadi pelatih tim nasional. Prestasi sulit didapat karena timnas hanya diperkuat pemain IPL saja. Pasca rekonsiliasi, posisi Nil sebagai pelatih timnas digantikan oleh Jacksen Tiago dan Rachmad Darmawan. Musim ini Nil Maizar melatih tim Putra Samarinda di ISL.

Nama Indra Sjafri luput dari perhatian saat sukses membawa timnya menjuarai kejuaraan HKFA di Hong Kong tahun 2012. Ini adalah embrio dari timnas U19 yang menjuarai piala AFF U19 2013, prestasi yang disambut gegap gempita oleh publik sepakbola Indonesia yang haus kemenangan. Walaupun kritik berdatangan karena prestasi yang tidak menggembirakan di piala AFC U19 2014, Indra Sjafri sudah penya reputasi sebagai pelatih yang penya pendekatan menyerang, modern, dan piawai mendeteksi bakat-nakat muda. Timnas U19 setidaknya sudah menghasilkan pemain-pemain potensial seperti Putu Gede, Evan Dimas, Paulo Sitanggang, Ilham Udin dan Maldini Pali.

Jafri Sastra membawa Semen Padang berkibar di ISL tahun ini. Ditengah anggapan kalau klub eks IPL kalah kelas dari klub ISL, Jafri sukses menunjukkan kalau Semen Padang adalah tim kuat yang tak bisa dianggap remeh. Musim ini Semen Padang punya catatan kemenangan atas tim-tim sekuat Persib, Arema dan Persipura. Prestasi yang mengesankan untuk pelatih debutan seperti Jafri Sastra. Saat ini Jafri memimpin pasukannya di babak delapan besar ISL.

Delvi Adri menjadi nama terbaru yang menorehkan prestasi di level nasional. Mantan striker PSP ini sukses membawa Semen Padang U21 menjuarai ISL U21, menumbangkan Sriwijaya U21 di final dengan skor 4-0. Semen Padang memang rajin mendeteksi talenta-talenta muda dari seluruh Indonesia untuk diboyong ke Padang. Di tim Semen Padang U21 misalnya ada Nelsius Alom asal Papua dan Hendra Adi Bayauw asal Maluku.

Menarik untuk dicatat bahwa keempat pelatih ini semuanya pernah bermain untuk PSP Padang, tim yang saat ini terbenam di divisi regional.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA