Thursday 3 August 2017

Hengkangnya Neymar adalah Momentum Barcelona

Kepindahan Neymar dari Barcelona menuju Paris Sant Germain sepertinya tinggal menunggu peresmian saja. Penyerang andalan timnas Brazil itu sudah menyatakan hendak meninggalkan Barcelona. Transfer resmi tinggal masalah waktu, dengan asumsi PSG sanggup membayar klausul pelepasan Neymar senilai 222 juta euro, yang akan menjadi rekor transfer termahal sepanjang sejarah.

Selama empat tahun bersama Barcelona, Neymar adalah pemain yang sangat penting bagi Barcelona. Bersama Luis Suarez dan  Lionel Messi, mereka adalah sebagai trisula andalan lini depan Barcelona. Trio MSN atau Messi-Suarez-Neymar ini sangat disegani di seantero Eropa, bahkan dunia.

Bersama Barcelona, Neymar memenangkan satu gelar liga champions, dua kali menjadi kampiun la liga, dan tiga kali menjuarai copa del rey. Neymar tampil di 163 partai bersama Barcelona, mencatatkan 89 gol dan 51 assist. Jelas memang selama empat tahun ini peran Neymar memang sangat penting bagi Barcelona.

Walau begitu, kepergian Neymar seharusnya bukan masalah besar bagi Barcelona. Klub dari Catalonia ini sudah menjadi klub besar sebelum kedatangan Neymar tahun 2013. Dalam kurun 10 tahun sebelum kedatangan Neymar, Barcelona memenangkan tiga gelar kampiun UCL, enam gelar juara la liga dan dua kali memenagkan copa del rey. Jadi Barcelona sebenarnya punya ketergantungan pada Neymar.

Sebenarnya reputasi dahsyat trio MSN agaknya punya dampak negatif juga. Barcelona sepertinya kesulitan untuk merekrut penyerang baru yang kualitasnya kelas satu. Para penyerang muda potensial seperti menjauhi Barcelona karena sadar akan kesulitan mendapatkan kesempatan bermain jika harus bersaing dengan Messi, Suarez dan Neymar.

Kepergian Neymar membuka kesempatan bagi para penyerang kelas dunia untuk menggantikan tempatnya di Barcelona. Apalagi nilai transfer Neymar yang 222 juta euro bisa digunakan untuk mendatangkan tiga, empat  atau lima pemain kelas dunia. Tidak saja mendatangkan penyerang-penyerang baru untuk menggantikan Neymar, Barcelona juga bisa membeli gelandang baru untuk menjadi kompetitor Andres Iniesta.

Dana penjualan Neymar yang 222 juta euro tersebut bisa digunakan Barcelona untuk mempertebal skuad yang dimilikinya. Pelatih tim saingan mereka Real Madrid, yaitu Zinedine Zidane, musim lalu menunjukkan keahliannya dalam melakukan rotasi pemain, hingga akhirnya berhasil membawa Real Madrid menjuarai la liga. Jika Barcelona ingin merebut kembali gelar juara la liga, mungkin mereka harus lebih bijaksana dalam melakukan rotasi pemain.

Referensi:
http://www.espnfc.com/blog/transfer-talk/79/post/3160276/should-neymar-leave-barcelona-for-psg-in-222m-euro-world-record-transfer
https://en.wikipedia.org/wiki/Neymar
https://www.whoscored.com/Players/50835/History/Neymar
https://en.wikipedia.org/wiki/FC_Barcelona

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA