Tuesday 21 February 2017

Ketajaman Monaco dan Bangkitnya Falcao

Ada dua hal yang membuat penasaran tentang Monaco, sehingga bisa jadi alasan untuk menunggu pertandingan 16 besar liga Champions saat mereka dijadwalkan menantang Manchester City. Alasan pertama adalah produktivitas gol pasukan asuhan Leonardo Jardim ini di liga Perancis yang luar biasa, paling tinggi diantara klub-klub liga-liga top Eropa. Alasan kedua adalah aksi mereka di jalur juara liga Perancis, potensial menghentikan dominasi PSG yang sudah berlangsung musim.

Saat ini Monaco sudah mencetak 76 gol di liga Perancis, hampir mencapai rataan tiga gol per partai. Bandingkan dengan Barcelona yang baru menorehkan 63 gol di la liga, atau rival mereka Real Madrid dengan 56 gol. Napoli yang paling tajam di Italia baru mengoleksi 60 gol. Arsenal dan Liverpool yang paling rajin membuat gol di EPL masing-masing baru punya 54 gol. Raksasa Bundesliga, Bayern Munich baru punya catatan 56 gol liga musim ini.

Kembali ke Monaco awal musim ini, Radamel Falcao agaknya mulai kembali ke performa terbaiknya. Striker Kolombia ini sudah mencetak 22 gol di semua ajang, termasuk 16 gol liga. Striker lainnya Valere Germain punya koleksi 8 gol di la liga, sementara striker 18 tahun Kylian Mbappe sudah menorehkan 7 gol.

Monaco sering menggunakan formasi 4-4-2 dengan Falcao dan Germain menjadi duet striker utama. cukup menarik bahwa para bek sayap dan gelandang sayap mereka cukup ahli memberikan assist. Sayap kiri Thomas Lemar sudah mencatatkan enam assist di ligue 1, sementara sayap kanan Bernardo Silva, bek kiri Benjamin Mendy punya lima assist, dan bek kanan Djibril Sidibe 4 assist.

Saat ini Monaco menjadi pemuncak liga Perancis, tiga angka diatas PSG. Monaco bepeluang untuk menghentikan dominasi PSG yang sudah empat tahun mendominasi Ligue 1. Hal ini tentunya mengejutkan karena materi pemain Monaco tidak semengkilap PSG yang punya Angel Di Maria, Edinson Cavani, Javier Pastore dan Thiago Silva.

Referensi:
http://www.livescore.com/soccer/spain/primera-division/
http://www.livescore.com/soccer/italy/serie-a/
http://www.livescore.com/soccer/france/ligue-1/
http://www.livescore.com/soccer/england/premier-league/
http://www.livescore.com/soccer/germany/bundesliga/
https://en.wikipedia.org/wiki/2016%E2%80%9317_AS_Monaco_FC_season
https://en.wikipedia.org/wiki/Val%C3%A8re_Germain
https://en.wikipedia.org/wiki/Kylian_Mbapp%C3%A9
https://www.whoscored.com/Teams/248/

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA