Saturday 14 January 2017

Sejarah Pertemuan Klopp vs Mourinho

Dua klub paling sukses sepanjang sejarah liga Inggris akan kembali bertemu di Old Trafford pada Ahad 15 Januari 2016 23:00 WIB. MU akan kembali menghadapi lawan beratnya, Liverpool. Peringkat keenam klasemen MU belakangan mulai menemukan bentuk permainan terbaik dan berusaha menembus papan atas, sementara peringkat keempat Liverpool justru sedang dalam trend menurun dan kesulitan mengejar pemuncak klasemen, Chelsea.

Sejarah pertemuan kedua manager, Jose Mourinho dan Jurgen Klopp, juga menarik untuk disimak. Total kedua manager hebat ini sudah berhadapan enam kali. Bisa dibilang catatan pertemuan hingga saat ini lebih memihak Jurgen Klopp.

Mourinho dan Klopp empat kali kali berhadapan di ajang liga champions 2012-2013. Saat itu Mourinho menangani Real Madrid, sementara Klopp mengasuh Borussia Dortmund. Pertemuan pertama fase grup di Madrid berakhir dengan skor seri 2-2. Dalam partai berikutnya di Dortmund, pasukan Klopp sanggup menumbangkan Los Galacticos dengan skor 2-1.

Kedua pelatih ini kembali bertemu di babak semifinal. Pasukan Klopp mengamuk di kandang sendiri memenangkan partai pertama dengan skor 4-1, yang hanya bisa dibalas 2-0 oleh Real Madrid pada partai kedua di Madrid. Borussia Dortmund sukses menyingkirkan Real Madrid di semifinal UCL 2012/2013 dan reputasi Jurgen Klopp sebagai pelatih semakin menjulang.

Mereka kedua kembali berhadapan setelah Klopp hijrah ke EPL tahun 2015. Dalam pertemuan tanggal 31 Oktober 2015, Klopp sekali lagi berjaya atas Mourinho yang saat itu menukangi Chelsea. Pertandingan ini berakhir dengan kemenangan 3-1 untuk Liverpool.

Kedua tim sudah bertemu musim ini di EPL, dengan Mourinho kali ini bertindak sebagai manager Manchester United. Pertemuan pertama di Anfield pada 17 Oktober  2016 berakhir imbang tanpa gol. Saat itu Mourinho banjir kecaman karena penampilan MU dianggap terlalu defensif dan cari aman.

Total dari enam pertemuan Klopp lebih dominan memenangkan tiga partai dan dan ditahan seri pada dua partai. Satu-satunya kemenangan Mourinho terjadi di partai kedua semifinal  UCL 2012-2013. Tapi kemenangan itu tidak "terasa" seperti kemenangan karena tetap saja Real Madrid tersingkir di babak semifinal tersebut.

Referensi:
http://www.skysports.com/football/news/11661/10722140/jose-mourinho-versus-jurgen-klopp-the-head-to-head-record-examined
https://www.thesun.co.uk/sport/football/1988158/liverpool-vs-manchester-united-sees-jurgen-klopp-and-jose-mourinho-going-head-to-head-for-sixth-time-with-german-holding-far-superior-record/
http://www.livescore.com/
http://www.livescore.com/soccer/england/premier-league/
https://en.wikipedia.org/wiki/J%C3%BCrgen_Klopp

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA