Wednesday 11 January 2017

Athletic Bilbao vs Barcelona jaman Luis Enrique

Barcelona melarang para pemainnya menghadiri acara perhargaan pemain terbaik FIFA di Zurich pada 9 Januari yang lalu. Agaknya hal ini agar para pemain Barca bisa fokus pada pertandingan perdelapan final Copa del Rey melawan Athletic Bilbao beberapa hari kemudian. Kewaspadaan ini agak mengherankan, bahkan sekalipun Athletic Bilbao memenangkan partai pertama di kandang sendiri dengan skor 2-1. Bagaimanapun juga Barcelona adalah tim besar dengan materi pemain bintang yang diatas kertas seharusnya mampu membekuk Athletic Bilbao, apalagi untuk partai yang dimainkan di rumah sendiri di Camp Nou.

Dalam tiga musim dibawah asuhan Luis Enrique, Barcelona telah lima kali bertemu dengan Athletic Bilbao di La Liga. Semua partai itu berakhir untuk kemenangan Barcelona. Saat ini Athletic Bilbao berada di peringkat ketujuh dengan poin 27, delapan poin lebih sedikit dari Barcelona di posisi ketiga.

Ceritanya tidak semulus itu di ajang Copa del Rey. Selama tiga musim masa jabatan Luis Enrique sampai saat ini di Barcelona, mereka selalu bersua Athletic Bilbao di Copa Del Rey. Pertemuan pertama mereka adalah final Copa del Rey pada 30 May 2015 yang berakhir 3-1 untuk keunggulan Barcelona.


Athletic Bilbao membalas kekalahan itu sekitar dua bulan kemudian. Tampil di Supercopa de España sebagai runner-up Copa Del Rey menghadapi Barcelona sebagai juara la liga, Athletic Bilbao jelas tidak diuntungkan. Secara mengejutkan mereka berhasil memenangkan gelar juara Supercopa de España di tahun 2015 itu. Sebuah prestasi besar bagi Bilbao, mengingat sulit bagi mereka memenangkan gelar kompetitif apapun di Spanyol ditengah dominasi Real Madrid dan Barcelona.

Partai pertama di kandang Athletic Bilbao pada 14 Agustus 2015 memberikan hasil yang mencengangkan. Athletic Bilbao memenangkan pertandingan ini dengan skor 4-0. Mengingat reputasi dan materi pemain Barca, siapa yang akan menduga mereka bisa kalah setelak itu dari Athletic Bilbao.


Tiga hari kemudian Barca mendapat kesempatan  menggelar final partai kedua di Camp Nou. Tapi Athletic Bilbao sukses menahan mereka dengan skor imbang 1-1. Athletic Bilbao pun dinobatkan menjadi juara Supercoppa de Espana 2015 dengan agregat skor 5-1.


Barcelona dan Athletic Bilbao kembali bertemu di musim 2015-2016 itu, dua kali di la liga, dua partai lagi di perempat final Copa del Rey. Semua partai itu dimenangkan oleh Barcelona. Di musim ini, Barcelona kembali mengalahkan Athletic Bilbao pada pertemuan perta,ma di la liga pada 28 Agustus 2016.

Ternyata Athletic Bilbao masih mampu memberikan kejutan. Menjamu Barcelona, mereka memetik kemenangan pada partai pertama babak perdelapan besar Copa del Rey yang berlangsung pada 5 Januari 2017. Skor pertandingan ini adalah 2-1 untuk kemenangan Athletic Bilbao.


Mungkin tidak salah jika Barcelona memutuskan berkonsentrasi penuh menghadapi partai ini. Mereka tidak dalam kondisi terbaik, terdampar di posisi ketiga la liga di bawah Real Madrid dan Sevilla. Dalan kondisi begini, tentunya Barcelona tidak ingin kehilangan kesempatan memenangkan Copa del Rey musim ini jika mereka gagal mengatasi Athletic Bilbao di kandang sendiri.

Pemain Athletic Bilbao yang paling rajin membobol gawang Barcelona era Luis Enrique adalah Aritz Aduritz. Dari sebelah partai yang telah berlangsung antara kedua tim selama tiga musim terakhir, Aritz Aduritz telah mengoleksi tujuh gol ke gawang Barcelona.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/2014%E2%80%9315_FC_Barcelona_season
https://en.wikipedia.org/wiki/2015%E2%80%9316_FC_Barcelona_season
https://en.wikipedia.org/wiki/2016%E2%80%9317_FC_Barcelona_season
http://www.dailymail.co.uk/sport/football/article-4105922/Barcelona-hard-work-ahead-Athletic-Bilbao-clash-Lionel-Messi-opt-miss-FIFA-awards.html
http://www.skysports.com/la-liga-table
https://en.wikipedia.org/wiki/Luis_Enrique_(footballer)

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA