Friday 27 January 2017

Sevilla, Kandidat Juara La Liga Dari Andalusia

Beberapa tahun terakhir ini, gelar juara la liga tak lagi hanya diperebutkan Real Madrid dan Barcelona. Ada Atletico Madrid yang beberapa musim terakhir terbukti mampu bersaing dengan kedua klub raksasa tersebut. Atletico Madrid bahkan sanggup menjuarai la liga musim 2013-2014.

Saat prestasi Atletico Madrid mulai menyurut musim ini, giliran Sevilla yang menantang dominasi Real Madrid dan Barcelona. Sevilla saat ini berada di peringkat dua klasemen sementara la liga, satu posisi lebih baik dari Barcelona di posisi tiga. Jika Barcelona berasal dari Catalunya dan Real Madrid dari Castilla, Sevilla berasal dari daerah Andalusia.

Sevilla memang bukan tim sembarangan. Mereka adalah kampiun liga Europa dua musim berturut-turut, 2014-2015 dan 2015-2016. Musim ini pun mereka masih mampu berprestasi bagus di ajang kompetisi antarklub Eropa, dengan lolos ke 16 besar liga champions.

Hengkangnya manajer Unal Emery ke PSG tidak mempengaruhi performa Sevilla. Begitu juga dengan hengkangnya peain penting seperti Kevin Gameiro ke Atletico Madrid, Grzegorz Krychowiak ke PSG dan Ever Banega ke Inter. Manajer baru Jorge Sampaoli mampu memadukan para pemain timnya dengan rekrutan baru seperti Pablo Sarabia (Getafe), Franco Vasquez (Palermo), Luciano Vietto (dipinjam dari Atletico Madrid) dan Samir Nasri (Manchester City).

Sevilla mengandalkan formasi 3-5-2. Duet penyerang andalan mereka adalah Luciano Vietto (6 gol 3 assist) dan Wissam Ben Yedder (8 gol 2 assist). Di lini tengah adalah Franco Vasquez  (3 gol 2 assist) dan Samir Nasri  (2 gol 1 assist), ditopang Steven N'Zonzi (2 gol 1 assist) sebagai poros halang. Dua gelandang sayap sama-sama berasal dari Spanyol, yaitu Vitolo (3 gol 3 assist) dan Pablo Sarabia (5 gol 5 assist).

Referensi:
https://www.whoscored.com/Regions/206/Tournaments/4/Spain-La-Liga
https://www.whoscored.com/Teams/67
https://en.wikipedia.org/wiki/2016%E2%80%9317_Sevilla_FC_season
https://en.wikipedia.org/wiki/Sevilla_FC
https://en.wikipedia.org/wiki/Atl%C3%A9tico_Madrid
https://en.wikipedia.org/wiki/K%C3%A9vin_Gameiro
https://en.wikipedia.org/wiki/Grzegorz_Krychowiak
https://en.wikipedia.org/wiki/%C3%89ver_Banega

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA