Tuesday 22 November 2016

Trend Gol Sundulan Di Timnas Indonesia

Tiga dari empat gol timnas di piala AFF berasal dari udara. Umpan lambung dari sisi mampu disambut dengan sundulan dan menjebol gawang lawan. Hal ini cukup mengejutkan karena timnas selama ini lebih dikenal mengandalkan umpan-umpan pendek disampingnya skill dan kecepatan para pemainnya.                      

Bermula pada pertandingan melawan Thailand pada Sabtu 19 Nov 2016 saat timnas sedang ketinggalan 0-2. Umpan silang Rizky Pora disambut Boaz Solossa dengan kepala untuk mencetak gol balasan Indonesia. Tak lama kemudian, giliran Benny Wahyudi yang melepas umpan lambung yang disundul masuk oleh Lerby Eliandry untuk menyamakan kedudukan. Sayang Thailand kemudian menambah dua gol lagi dan timnas harus menelan kekalahan 2-4.                      


Gol udara kembali terjadi pada pertandingan berikutnya menghadapi tuan rumah Filipina. Stefano Lilipaly melepas umpan lambung dari sayap kiri. Tandukan Fachrudin Aryanto menyambut bola berbuah gol pertama di pertandingan itu.                      

Satu gol lagi yang dicetak timnas di pertandingan ini tidak berasal dari sundulan. Tendangan keras Andik Vermansyah membentur tiang gawang Filipina dan Boaz mengirimkan bola muntah ke gawang lawan. Sayang tim tuan rumah mampu membalas dua gol sehingga pertandingan ini berakhir seru 2-2                      


Tak berarti timnas harus mengubah gaya permainan menjadi umpan-umpan panjang. Gaya permainan umpan pendek dan kecepatan sudah tepat menjadi pakem timnas. Budaya sepakbola Indonesia lebih cocok dengan passing game.                    

Tapi kemampuan para pemain timnas mencetak gol lewat sundulan adalah hal yang positif. Hal ini bisa menjadi rencana cadangan jika skema serangan timnas selalu berhasil dimentahkan lawan. Umpan lambung dan sundulan bisa menjadi alternatif mencetak gol.


Referensi:
http://www.goal.com/id-ID/match/thailand-vs-indonesia/2337266/live-commentary?ICID=MP_MS_3
http://www.goal.com/id-ID/match/indonesia-vs-philippines/2337269/live-commentary?ICID=MP_MS_3

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA