Monday 21 November 2016

Rasenbalport Leipzig, Pemuncak Klasemen Sementara Bundesliga.

Sebuah nama asing saat ini berada di urutan teratas klasemen sementara Bundesliga 2016-2017. Sebuah klub bernama Rasenbalport Leipzig menempati posisi sementara diatas Bayern Munich dan Borussia Dortmund. Tidak pernah mendengar nama klub ini sebelumnya? Wajar saja karena klub ini memang baru dibentuk delapan tahun lalu, dan berjuang dari kompetisi level bawah.

Bermula dari minat perusahaan Red Bull untuk memiliki klub yang berkompetisi di sepakbola Jerman. Mereka memilih kawasan kota Leipzig dan sebagai markas bagi klub tersebut. Memang kota Leipzig tidak memiliki klub yang berlaga di kompetisi level atas liga Jerman.

Red Bull membeli hak berkompetisi tim SSV Markrandstadt, dari sebuah desa 13 km dari Leipzig. Tim ini berlaga di Oberliga, bisa dibilang kasta kelima liga Jerman. Transaksi ini disinyalir bernilai 350 ribu Euro.

Peraturan di Jerman tidak membolehkan nama perusahaan digunakan untuk nama klub. Karena itu Red Bull terpaksa menjadi nama lain. Dipilihnya nama Rasenbalport yang berarti olahraga rumput. Rasenbalport Leipzig, disingkat RB Leipzig, inisial yang menyiratkan kata "Red Bull".

Hanya butuh tujuh musim bagi RB Leipzig untuk promosi demi promosi demi mencapai Bundesliga. Dalam kurun waktu tersebut Red Bull mengguyurkan 100 juta euro untuk klub ini. Red Bull memang sudah berpengalaman sukses mengembangkan model seperti ini di di Austria (Red Bull Salzburg) dan USA (New York Red Bull).

Bagaimana Leipzig meniti jalan dari bawah akan dibahas pada kesempatan lain.



Referensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/RB_Leipzig
https://en.wikipedia.org/wiki/Leipzig

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA