Thursday 6 July 2017

Uji kelayakan Luis Milla

Waktu masih bermain, kualitas Luis Milla tidak perlu diragukan. Milla pernah memperkuat Real Madrid dan Barcelona, dan memenangkan tiga gelar juara liga Spanyol. Milla adalah gelandang yang cukup bisa diandalkan Real Madrid sebelum kedatangan Fernando Redondo tahun 1994.


Reputasinya sebagai pelatih juga cukup bagus. Luis Milla pernah dipercaya menangani timnas Spanyol U19, U20 dan U21. Prestasi terbaiknya adalah saat memimpin Spanyol U21 menjuuarai piala Eropa U21 tahun 2011. Diantara pemain-pemain asuhan Milla saat itu ada nama Juan Mata dan Thiago Alcantara.


Sayangnya kini saat bertugas sebagai pelatih timnas U23 kehebatan Milla sebagai pelatih belum terlihat. Kekalahan 1-3 dari Myanmar, kemenangan 2-0 dari Kamboja atau hasil imbang tanpa gol dengan Puerto Rico bukanlah hasil yang mengesankan. Padahal tim yang dilatih Milla diperkuat oleh talenta sekelas Evan Dimas, Febri Hariyadi atau Gavin Kwan Adsit.

Tantangan berat sudah menunggu Luis Milla mulai 19 Juli 2017 ini. Timnas U23 akan berjuang lolos ke piala Asia U23 tahun depan di Cina. Timnas berada di grup H, yang berlaga di Thailand, bersama Malaysia, Mongolia dan tuan rumah Thailand.

Babak kualifikasi piala Asia U23 ini diikuti oleh 40 negara, termasuk tuan rumah Cina. Para negara peserta dibagi menjadi sepuluh grup, memperebutkan 16 tiket ke putaran final. Tuan rumah Cina dijamin lolos ke putaran final. Juara grup dan lima runner-up terbaik lolos ke putaran final. Jika tuan rumah Cina adalah salah satu dari juara grup dan lima runner-up terbaik ini, maka runner-up terbaik keenam juga lolos ke putaran final.

Secara umum memang dipahami bahwa kualifikasi piala Asia U23 dan Sea Games 2017 hanyalah target antara. Target utama bagi pelatih Luis Milla adalah prestasi di Asian Games 2018 nanti. Timnas diharapkan akan memberikan prestasi membanggakan di depan publik sendiri tahun depan.

Tapi tidak berarti Milla bisa berleha-leha menghadapi kualifikasi piala Asia U23 dan Sea Games 2017. Publik sepakbola Indonesia tentunya berharap Milla berhasil mentransfer ilmunya dari sepakbola Spanyol kepala para anak didiknya di timnas U23. Logikanya, jika kita berharap timnas akan berprestasi di ajang level Asia seperti Asian Games, timnas seharusnya bisa tampil trengginas menghadapi lawan sesama negara Asia Tenggara, seperti Malaysia dan Thailand.

Berikut adalah jadwal timnas di kualifikasi piala Asia U23 grup H di Thailand
19 Juni 2017 16:00 WIB Indonesia vs Malaysia

21 Juni 2017 16:00 WIB Mongolia vs Indonesia
23 Juni 2017 19:00 WIB Thailand vs Indonesia  

Referensi:https://en.wikipedia.org/wiki/Luis_Milla
https://en.wikipedia.org/wiki/Indonesia_national_under-23_football_team

https://en.wikipedia.org/wiki/2018_AFC_U-23_Championship_qualification
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/bc/Luis_Milla.png/220px-Luis_Milla.png

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA