Thursday 16 March 2017

Pertandingan Sepakbola Pertama Di Spanyol

Penunjukan Luis Milla sebagai pelatih timnas menandai niat PSSI menjadikan Spanyol sebagai rujukan dalam sepakbola. Sebuah keputusan yang sangat beralasan karena beberapa tahun lalu ini timnas Spanyol menjadi pemuncak piala Eropa 2008, piala dunia 2010 dan piala eropa 2012. Klub-klub liga Spanyol seperti Real Madrid dan Barcelona juga cukup menjuarai liga champions tiga musim terakhir.

Dalam konteks itu, bloh ini berusaha untuk lebih mendalami tentang Spanyol dan sepakbola. Referensi utama untuk keperluan itu adalah sebuah buku berjudul La Roja karya Jimmy Burns. Buku ini mengupas mendalam tentang sepakbola Spanyol mulai dari saat pertama Spanyol mengenal sepakbola hingga saat mereka berjaya menjadi juara dunia 2010.

Spanyol mengenal sepakbola dari orang-orang Inggris yang bekerja di pertambangan di abad 19. Saat itu sejumlah pengusaha Inggris membuka usaha pertambangan di Spanyol. Saat itu Spanyol sedang lemah dan porak poranda akibat perebutan kekuasaan dan perang saudara.

Kisah tertua datang pertambangan tembaga di Rio Tinto, yang kini sudah ditinggalkan. Ada pertandingan tahunan yang berlangsung sajak 1887, antara dua tim yang seluruhnya terdiri dari orang Inggris, atau setidaknya warga UK. Sepakbola saat itu hanyalah permainan eksklusif untuk orang Inggris atau UK. Orang-orang Spanyol saat itu hanya bisa menjadi penonton di negeri sendiri.

Walaupun Inggris yang membawa sepakbola ke Spanyol, hubungan antara para ekspatriat Inggris dengan warga Spanyol tidaklah hangat. Sayang sekali saat itu sepakbola tidak digunakan sebagai sarana bagi para ekspatriat Inggris untuk menjadi lebih akrab dengan pihak tuan rumah. Kisah tentang pertandingan sepakbola pertama di Basque misalnya, dikenang oleh warga setempat sebagai simbol sikap arogan dan kecurangan pihak Inggris.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_European_Cup_and_UEFA_Champions_League_finals
http://www.goal.com/id-ID/news/1387/nasional/2016/12/27/30901452/pssi-ingin-tiru-cara-spanyol-kembangkan-sepakbola
"La Roja: A Journey Through Spanish Football Paperback", karya Jimmy Burns
Foto dari https://images-na.ssl-images-amazon.com/images/I/51xdE7DxO-L._SY344_BO1,204,203,200_.jpg

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA