Saturday 18 March 2017

Klub Sepakbola Tertua Spanyol

Pada masa awal sepakbola di Spanyol pada abad 19, permainan ini eksklusif untuk ekspatriat warga Inggris atau UK. Saat itu, para penduduk Spanyol hanya bisa menjadi penonton, sementara permainan ini mulai menarik perhatian mereka. Kesebelasan-kesebelasan dadakan mulai bermunculan di desa-desa sekitar pertambangan Rio Tinto.

Dari komunitas Inggris/UK di pertambangan tembaga Rio Tinto lahirlah klub sepakbola pertama di Spanyol, yaitu Rio Tinto football club. Klub saingan mereka berasal dari Huelva, sebuah pelabuhan berjarak 83 km dari Rio Tinto. Saat itu Rio Tinto dan Huelva sudah terhubungkan oleh rel kereta api.

Secara resmi Huelva Recreation Club didirikan tahun 1889 oleh Alexander Mackay, seorang dokter asal Skotlandia. Walaupun begitu, pertandingan antara Rio Tinto dan Huelva sudah tercatat sejak tahun 1882. Pada masa-masa awal ini, pemain-pemain Inggris/UK masih berusaha mendominasi kedua klub ini eksklusif untuk mereka sendiri.

Rio Tinto football club saat ini sudah tidak ada. Huelva Recreation Club berganti nama menjadi Recreativo Club de Huelva, saat ini bermain di Segunda Division B, kasta ketiga liga sepakbola Spanyol. Dengan demikian, diantara semua klub sepakbola yang aktif saat ini di Spanyol, Recreativo Club de Huelva adalah yang paling tua.

Prestasi Recreativo Club de Huelva mungkin tidak mentereng. Catatan terbaik mereka mungkin adalah saat menjadi finalis Copa Del Rey di tahun 2003. Mereka juga penah menjadi juara Andalusia Cup tahun 1918 dan menjadi pemuncak Segunda Divison di musim 2005-2016.

Referensi:
"La Roja: A Journey Through Spanish Football Paperback", karya Jimmy Burns
Foto dari https://images-na.ssl-images-amazon.com/images/I/51xdE7DxO-L._SY344_BO1,204,203,200_.jpg
https://en.wikipedia.org/wiki/Recreativo_de_Huelva

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA