Wednesday 28 December 2016

Ezra Walian dan Jong Ajax

Nama Ezra Walian ramai disebut akan menjadi pemain naturalisasi berikutnya. Pemain berusia 19 tahun ini diharapkan akan menjadi kekuatan baru bagus timnas U23 di Sea Games 2017 dan timnas U23 plus di Asian Games 2018. Apalagi Indonesia saat ini bisa dibilang sedang mengalami krisis penyerang muda berkualitas.

Untuk menilai kualitas Ezra Walian, ada baiknya kita tengok dulu klub yang diperkuatnya, Jong Ajax. Ezra memperkuat Jong Ajax sejak berumur awal musim ini. Dari 19 pertandingan Eerstedivisie yang telah berlangsngm Ezra sudah dimainkan 7 kali oleh Jong Ajax, lima diantaranya sejak menit pertama, dua lagi sebagai pemain pengganti.

Jong Ajax tadinya adalah klub cadangan dari Ajax Amsterdam, berkompetisi di Beloften Divisie sejak 1992-2013. Beloften Divisie adalah kompetisi khusus untuk tim cadangan, terpisah dengan struktur liga professional profesional dan amatir Beland. Jong Ajax adalah tim yang paling sering menjuarai Beloften Divisie, dengan catatan delapan kali juara.

Sejak musim 2013-2014 Jong Ajax berkompetisi di Eerste Divisie, kasta kedua liga Belanda. Mereka sekarang diangga sebagai klub yang terpisah dengan Ajax Amsterdam. Jika Ajax bermarkas di Amsterdam Arena, Jong Ajax memilih Sportpark De Toekomst untuk menggelar pertandingan kandang.

Saat ini Jong Ajax menempati  posisi kedua Eerste Divisie. Jong Ajax tidak bisa promosi ke Eredivisie karena di kasta pertama liga Belanda tersebut sudah ada klub saudara tuanya, Ajax Amsterdam.

Referensi:
http://www.republika.co.id/berita/sepakbola/liga-indonesia/16/12/28/oivxzt348-pssi-pelajari-keinginan-striker-ajax-bela-timnas-indonesia
https://en.wikipedia.org/wiki/Jong_Ajax
https://en.wikipedia.org/wiki/Eerste_Divisie
http://int.soccerway.com/players/ezra-walian/319308/
https://pbs.twimg.com/profile_images/498946832052264963/NrtT2Llk_400x400.jpeg

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak merendahkan pihak manapun dan tidak menyinggung SARA